TIPS MENGAMANKAN DATA

Tulisan ini terinspirasi setelah kehilangan data. Terpetiklah dalam hati untuk berbagi kepada anda, bagaimana mengamankan data. Sebenarnya sudah sering mengingatkan teman agar data disimpan dengan baik dan digandakan kalau perlu. Eh nyatanya malah kena sendiri.

Dimanapun seorang tukang servis komputer, akan lebih memilih merusak komponen komputer dari pada menghilangkan data (jikalau harus memilih). Karena akan susah untuk menjawab pertanyaan : “Pak, kenapa tesisku hilang..??, besok harus dipresentasikan”.

Secara garis besar (menurut pendapatku) kita perlu melindungi data dari 3 hal, yaitu :

  1. Kehilangan
  2. Kerusakan
  3. Pencurian halus (dicopy tanpa izin)

1. KEHILANGAN

Sebaiknya menggandakan data pada media lain, misalnya :

  • Untuk data kecil, bisa digandakan ke flash disk.
  • Burning ke CD, hanya saja meng-updatnya agak susah.
  • Copy ke sebuah hardisk eksternal.
  • Menyimpan data di-email.
  • Disimpan pada web storage. Cara ini lebih efektif karena bisa diakses dimanapun sepanjang bisa terkoneksi dengan internet. Disamping itu menyimpan data pada sebuah web storage tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra. Contohnya menyimpan data di ziddu.com dan web storage lainnya.

2. KERUSAKAN AKIBAT VIRUS

Disamping dengan menggunakan anti virus, dari pengalaman penulis selama ini, cara yang paling ampuh untuk menyimpan data agar tidak terinfeksi virus adalah meng-image data (Burning virtual = gitu mungkin istilahnya). Untuk meng-image data kita butuh software image burning. Program ini terintegrasi pada program Nero. Hanya saja tidak semua Nero ada fasilitas Image drive. Salah satu yang bisa adalah Nero Ver. 6. program image include pada saat menginstall.

Data yang telah di-image akan ber extention NRG dan icon-nya seperti gambar CD. Hanya saja data yang ber-extention NRG hanya bisa terbaca pada Sistem Operasi Windows XP ke bawah. Sementara untuk yang menggunakan Sistem Operasi Windows Vista harus menggunakan Ultra Iso. File yang telah diburning virtual akan ber-extention ISO. Tapi bukan berarti data yang ber-extention NRG tidak terbaca pada ISO virtual Drive. Caranya mudah, tinggal mengganti extention NRG menjadi ISO maka data bisa diakses seperti biasa.  Data master program atau driver sangat bagus di burning virtul seperti yang dijelaskan diatas agar tidak terinfeksi oleh virus.

Tulisan tentang bagaimana Meng-image / ISO data menyusul pada edisi berikutnya.

3. COPY TANPA IZIN

Kadang tanpa kita sadari data yang ada pada komputer kita dicopy tanpa izin oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Sebenarnya bukan masalah pelit, tapi kadang ada data yang dibisa dipublikasikan ke orang lain. Kadang juga kekesalah itu muncul karena orang mengkopy data kita tanpa izin, sehingga timbul kesan yang kurang enak. Untuk menghindari hal tersebut ada 2 cara yang bisa kita lakukan yaitu :

  • Installkan komputer kita program anti copy. Maka file dengan sendirinya tidak akan bisa dicopy tanpa izin dari kita.
  • Bisa juga menggunakan program lain seperti Lock Box, Folder Security dll. Folder-folder penting dalam komputer kita di-kunci agar orang lain tidak mudah mengaksesnya.

~ by ulaweng on 17 April 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: