Amankan Data Anda…..!!!

Ass Alaikum, Pembaca yang budiman…..

Sebagaimana yang penulis telah uraikan sebelumnya dalam tulisan “Amankan Data Anda dengan ImageDrive” tanggal 20 april 2010 yang lalu bahwa data yang telah di Image dengan Nero Image Drive tidak dapat dibuka pada sistem operasi Windows Vista dan Seven, maka pada kesempatan ini saya akan mengulas sedikit cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Solusinya adalah menginstall-kan komputer anda program Ultra ISO. Kelebihan dari Ultra ISO adalah setelah ter-install kedalam sistem operasi Windows Anda, maka secara otomatis akan membuat virtual drive. Tidak perlu disetting seperti Nero. Untuk mendapatkan program Ultra ISO anda tinggal mendownload dengan meng-klik Link  berikut  ini :

DOWNLOAD ULTRAISO GRATIS….!!!!!

Sekarang bagaimana file yang telah di-image bisa terbaca di ISO. Sekedar review dari pembahasan yang lalu bahwa file yang telah di image akan ber-extension NRG. Sementara file yang dibakar virtual di ISO akan ber-Extension ISO. Pembaca yang budiman, kita hanya perlu mengganti extension NRG menjadi ISO. Misalnya file : DATAKU.NRG diganti mendaji DATAKU.ISO gampangkan pembaca yang budiman.

Bagi pemula, untuk menampilkan extension file pada Windows Explorer caranya :

  1. Buka Windows Explorer
  2. Pilih menu Tools pada tool bar di atas
  3. Kemudian Sorot dan klik Sub menu Folder Option.
  4. Pada Jendela Folder Option pilih tab VIEW
  5. Cari Hidden Files and Folders, dibawahnya ada 2 pilihan yaitu Show dan Do Not Show, pilih Show Hidden Files and Folders.
  6. Kemudian Geser Scroll bar ke bawah sedikit dan hilangkan centengan : Hide Extension for know files type dan  Hide Protected Operating System Files.
  7. Insya Allah extension file akan tampil di Content Of Files.

Catatan : Untuk komputer yang sudah terinfeksi virus, ada beberapa jenis virus yang menghilangkan FOLDER OPTION. So tidak bisa diakses.

Nah sekarang tinggal bagaimana membukan filenya. Untuk membuka file ISO sama seperti membuka file NRG. Klik kanan data yang berextension ISO kemudian sorot menu Mount to drive…..(G) : (jika hardisk anda 2 partisi dan ditambah dengan 1 CD ROOM). Setelah itu tinggal di browsing isinya pada virtual drive yang dibuat iso. Mudah kan..???

Selamat mencoba semoga tulisan ini bermanfaat dan data anda utamanya data master dan driver aman dari gangguan virus.

Kamis, 13 Mei 2010

Penulis,

Hamka Musa

~ by ulaweng on 13 May 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: